SMK Negeri 1 Pemalang atau saat itu SMEA Negeri Pemalang berdiri tahun 1968, memiliki tiga program keahlian yaitu Tata buku, Tata usaha dan Tata Niaga. Tata Niaga inilah yang merupakan cikal bakal Pemasaran. Hingga saat ini Kompetensi Keahlian Pemasaran semakin eksis dengan nama Program Pemasaran (PE). Pemasaran adalah sebuah kompetensi keahlian (jurusan) yang mempelajari dasar – dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (online/internet). Di Kompetensi Keahlian Pemasaran siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausahaan dan membaca peluang di dunia bisnis. Adapun Visi Dan Misi Kompetensi Keahlian PE adalah sebagai berikut:
- Visi Kompetensi Keahlian Pemasaran Menyiapkan Tenaga Pemasar Tingkat Menengah yang bertakwa, inovatif dan Profesional.
- Misi Kompetensi Keahlian Pemasaran a. Menyiapkan tamatan untuk memasuki lapangan kerja di bidang pramuniaga dan tenaga operasional pemasaran b. Menyiapkan siswa mampu memilih karir dan mampu berkompetisi di dunia industri atau dunia usaha c. Menyiapkan tamatan yang mandiriProgram Keahlian Pemasaran di SMK bertujuan untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga pemasaran yang kompeten dan profesional.Tujuan:
- Mempersiapkan siswa untuk menjadi tenaga pemasaran yang handal dan profesional.
- Membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pemasaran, termasuk strategi pemasaran, riset pasar, dan komunikasi pemasaran.
- Menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada siswa agar mampu membuka usaha sendiri di bidang pemasaran.
- Dasar-dasar Pemasaran
- Strategi Pemasaran
- Riset Pasar
- Komunikasi Pemasaran
- Manajemen Penjualan
- Promosi dan Periklanan
- Kewirausahaan
- Lulusan program keahlian Pemasaran memiliki peluang kerja yang luas di berbagai bidang, seperti perusahaan FMCG, perusahaan jasa, dan perusahaan rintisan.
- Program keahlian Pemasaran membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja dengan teknologi terbaru di bidang pemasaran.
- Program keahlian Pemasaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan jiwa entrepreneurship dan membuka usaha sendiri di bidang pemasaran.
- Tenaga Pemasaran
- Sales Representative
- Marketing Communication
- Market Research Analyst
- Public Relations
- Event Organizer
- Entrepreneur
- Melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen.
- Mengembangkan strategi pemasaran untuk produk atau layanan tertentu.
- Membuat materi promosi dan iklan untuk produk atau layanan.
- Melakukan penjualan produk atau layanan kepada konsumen.
- Mengelola hubungan dengan pelanggan.